Potret Remaja, Kekinian atau Kekunoan

Remaja Masa Kini
Remaja Kekinian dan Remaja Kekunoan
Jika berbicara soal remaja, khususnya untuk remaja Indonesia, selalu ada saja hal menarik yang bisa kita bahas. Mulai dari kenakalan remaja, gaya remaja, percintaan remaja dan masih banyak lagi perihal remaja yang gak bisa disebutkan satu persatu disini (padahal idenya cuma itu).

Seperti biasa nih, sebelum aku mengajak kamu mengupas cerita soal remaja, kita kenalan dulu dengan si remaja ini. Ketika mulai menulis cerita ini, aku sempat tanyakan pada beberapa teman soal apa dan tanggapan mereka mengenai remaja (efek kurang materi nulis). 

Percakapan yang melibatkan antara aku, kau dan dia (diambil dari judul lagu band yang waktu SMA aku samarkan namanya jadi folder tugas sekolah. Please.. Jangan ditanya alasannya). Dalam hal ini aku sebagai penanya disebut sebagai pihak 1, teman yang aku tanya disebut pihak 2, dan orang sekitar disebut sebagai para pihak (ini obrolan apa surat perjanjian). 

A: “Eh bro, menurut lu remaja itu apa sih?”

B: “Yaelah, kayak gak pernah remaja aja lu.”

A: “Iya pernah, tapi gue udah gak remaja.”

B: “Lu gak remaja apalagi gue. Gampangnya remaja itu bocah bro.”

C: . . . . (Bengong)

Dari percakapan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kayaknya aku sudah salah tanya orang (terus apa fungsinya aku tulis obrolan tadi). 

Ok, kali ini kita serius nih (kenapa gak dari awal saja :s). Sering pertanyaan berikut aku temukan ketika dalam penelusuran mencari materi untuk menulis.

“Apa sih remaja itu?”

“Mengapa disebut remaja?”

“Berapa rentang usia remaja?”

“Bagaimana remaja masa sekarang?”

“Kapan kita hentikan monolog gak penting ini dan mulai kecerita?”

Selow bro, kita mulai dari mengenal mereka dulu yuk. Tentang apa sih remaja itu?

Pengertian / arti remaja

Menurut WHO (siapa itu WHO?). WHO adalah siapa, maksutnya ya WHO itu siapa, maksutku WHO itu bahasa inggris dan diterjemahkan menjadi siapa (semoga gak bingung dengan siapa ini, maksutku WHO itu adalah siapa). Ok skip aja, menurut WHO remaja adalah mereka yang berada pada tahap transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa. Batasan usia remaja menurut WHO adalah 12 sampai 24 tahun.

Sedikit berbeda dengan pengertian remaja menurut Menteri Kesehatan RI tahun 2010, batas usia remaja adalah antara 10 sampai 19 tahun dan belum kawin. Terserah mau pakai perngertian yang mana, tapi jika menurutku itu semua pengertian masih belum lengkap. Ada poin tambahan yang luput dari kenyataanya.

Menurut hasil penerawanganku, remaja adalah masa dimana ketika seseorang bertranformasi dari anak-anak menuju ketaraf dewasa, ditandai tumbuh jiwa-jiwa alay didalamnya. Jadi gampangnya tuh proses evolusi ketahap dewasa mulai dari balita – anak anak – remaja – alay – dewasa. Kenapa aku tambahkan alay didalamnya? Karena alay dijaman sekarang sudah merasuk dalam setiap diri manusia. Jika masih remaja belum nampak jelas kealayan dalam dirinya.

(klarifikasi nih, sebelumnya aku kira WHO itu bukan singkatan, kalau dalam bahasa inggris kan artinya siapa. Jadi salah tafsir deh #MerasaBego)

“Ok, sudah paham nih apa yang dimaksut remaja, lantas kehidupan remaja sendiri bagaimana?

Jika ditanya demikian sebenarnya rada miris sih buat ngejalasinnya, gak pengen buat ngomong tapi ya sudahlah kalau kalian memaksa.

Remaja di masa sekarang

Mereka hidup dan berkembang diera teknologi sudah berkembang pesat. Banyak sekali hal yang dulunya sering dilakukan remaja, kini sudah mulai pudar termakan waktu. Dalam segi permainan, pergaulan, perkembangan, pendidikan semuanya tak lagi sama.

“Lalu gimana tuh coba jelaskan satu persatu”
  • Permainan remaja
Kehidupan remaja dimasa sekarang sangat berbeda bila dibandingkan dengan di era tahun 90an. Jika remaja dikala itu masih suka bermain diluar bersama teman seperti bermain layangan, kelereng, karet, atau masih suka main becekan (yang ini curhat ceritanya), hal tersebut sudah mulai tak ada dimasa sekarang.

Seperti yang kita ketahui mereka lebih gemar dengan media sosial dan berkutat bermain video game baik dari smartphone maupun layar video game lain. Padahal terlalu banyak bermain game seperti ini menyebabkan kecanduan, dan dampaknya hubungan sosial mereka menjadi terbatas.

Terlebih untuk jenis permainan online yang cenderung membuat mereka lupa waktu. Biasanya orang tua yang kelewat memanjakan anaknya dengan fasilitas komputer canggih ditambah internet super kencang menjadi dasar kebiasaan tersebut (kok malah bikin iri ya).

“Sudahlah, terima nasib jadi orang jadul. Mending lanjut ceritanya”
  • Pergaulan remaja
Aku agak sedikit gusar dengan cara bergaul remaja jaman sekarang. Entah mereka yang salah atau aku yang salah, yang jelas dalam hal ini aku gak mau disalahkan. Banyak dari mereka yang salah mengartikan presepsi dari kata bergaul. Dalam konteks bergaul, seharusnya menjunjung tinggi asas bergaul yang sehat. Diera ini, remaja dikatakan gaul jika berpenampilan atau bersikap yang justru condong kearah negatif. 

Seperti remaja putri mengenakan pakaian minimalis tapi harganya selangit, yang kalau kataku sih dari pada beli mahal-mahal mending baju/celana waktu TK dipakai aja lagi. Atau hobi berbelanja di supermarket buat sekedar beli ayam atau cabe. Padalah kalau beli dipasar malah lebih lengkap, dari tukang ayam, tukang cabe, ayam kampus, sampai cabe-cabean semuanya ada.
Anak Remaja Berbelanja di Mall
Remaja Sekarang Lebih Suka Belanja di Mall
  • Perkembangan remaja
Dalam fase usia remaja, pesatnya tumbuh kembang mereka sangatlah cepat. Dititik ini dibutuhkah sosok panutan untuk membimbing mereka kearah yang tepat agar tak salah jalan. Sikap ingin memberoktak terhadap aturan yang mengekang dirinya merupakan salah satu ciri, bahwa remaja ingin mengekspresikan diri agar terlepas dari anggapan orang jika mereka bukan lagi anak-anak yang selalu diatur dalam kesehariannya.

Hal tersebut wajar, namun tetap harus diperhatikan percepatan laju petumbuhan mereka. Sangat disayangkan para remaja era sekarang sangat ingin terlalu cepat dianggap dewasa. Pengaruh dari media seperti media sosial dan pertelevisian menjadi penyebab utama beberapa remaja berkembang begitu cepat. Namun dewasa sebelum waktunya menjadikan mental serta kontrol diri menjadi lemah, akibatnya timbulah kenakalan remaja marak terjadi saat ini. 

“Tumben omongannya bener nih, kenakalan yang mana nih yang dimaksut?”

Untuk masalah kenakalan remaja akan aku ceritakan dilain kesempatan. Sebenarnya poin diatas hanya sekedar ringkasan singkat saja, untuk lebih detailnya lain kali saja ya, termasuk persoalan pendidikan mereka. Kembali ke judul, yakni tentang remaja kekinian atau kekunoan.

Remaja kekinian atau kekunoan


Kalau kamu belum tahu apa itu remaja kekinian, jika ditinjau dari katanya merupakan kata dasar kini yang mendapat imbuhan ke – an, hingga terbentuklah sebuah kata kekinian (pejelasan macam apa ini, gak bermutu banget). Jadi kekinian adalah kondisi dimasa kini, atau keadaan dimasa sekarang (sesuai penjelasan sebelumnya). Kalau kekunoan, ya jelas dong merupakan lawan kata dari kekinian, yakni kondisi dimasa kuno atau dimasa yang telah lalu.

“Memperpanjang durasi saja nih, udah langsung intinya aja.”

Ok, gak perlu aku ceritakan tentang bagaimana remaja kekunoan, gampangnya ceritaku tentang remaja kekinian diatas tinggal dibalik saja kondisinya, simple banget kan (alasan padahal males nulis). Bukannya bermaksud mengadu mana yang lebih baik antara kedua jenis remaja tersebut, namun kali ini aku hanya membandingkannya saja (sama aja yah). 
  • Permainan
Remaja dimasa sekarang memiki jenis permainan yang lebih beragam dan lebih seru (menurut mereka sih). Tetapi jika kamu termasuk remaja yang hidup dimasa dulu, jaman dimana 100 rupiah masih bisa buat jajan (tua banget) atau seengaknya masih menjumpai permainan tradisional pasti berkata lain.

Permainan remaja masa kini yang tidak jauh dari konsol video game baik itu serial offline seperti playstation maupun online semacam point blank, nampak memberikan kepuasan tersendiri bagi penikmatnya. Tapi keseruan yang diperoleh bersifat semu dan cepat membosankan karena kita hanya menikmatinya sendiri. Terlebih bagaimana ketika mati lampu, mau main apa kamu? Megangin stik PS sambil mlongo? Atau ngajak bicara layar komputer? 
    Kebiasan Remaja Masa Kini
    Kebiasaan Remaja Masa Kini
  • Pergaulan
Jika dibandingkan, remaja jaman dulu memiliki etos pergaulan yang lebih baik, hubungan yang dibangun dari kecil lewat pertemanan dengan bermain bersama akan terasa lebih dekat. Keeratannya bahkan mampu tetap bertahan hingga mereka lanjut kejenjang usia lebih.

Berbalik dengan kondisi remaja kekinian, kebanyakan pertemanan mereka hanya seputar dunia maya. Banyak ngobrol lewat pesan singkat, dan ketika bertemu akan lebih sering senam jari sambil menatap layar smartphone. Sungguh pergaulan yang tidak smart bukan.
  • Perkembangan 
Setelah membaca cerita tadi tentu kamu bisa menebak sendiri bagaimana perkembangan antara kedua jenis remaja itu. Ya, perkembangan baik dari segi moral dan mental, bisa dikatakan anak remaja kekinian tertinggal dengan remaja kekunoan.

Hubungan sosial yang baik dari dimasa lalu menjadikan anak remaja kuno lebih memiliki pergaulan yang baik dan tidak gampang putus nyambung (kayak hubungan aja). Terlebih jenis permainan yang mereka mainkan membuat tubuh lebih aktif dalam bergerak, menjadikan tumbuh kembang tubuhnya menjadi lebih sehat.

Tetapi soal kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, remaja kekinian bisa jemawa. Era digital memudahkan berbagai macam pengetahuan dan informasi lebih terupdate. Dimana hal tersebut biasanya masih dianggap tabu oleh sebagian anak dimasa lalu.
Remaja Kekunoan Gaptek
Remaja Masa Lalu Gagap Teknologi

Kesimpulan

Baik kamu yang menjalani hidup dengan gaya remaja dulu maupun kini, tentu memiliki kenangan dan pendapat tersendiri. Cerita ini pun aku tulis berdasarkan opini jika menengok kehidupan semasa kecil dulu dan membandingkannya dengan anak dimasa sekarang.

Memang tidak semua anak sekarang menjalani kehidupan seperti yang telah aku ceritakan. Contoh saja anak yang tinggal didaerah yang masih tertinggal dan belum banyak terjamah media dan internet. Mereka hingga kini masih memainkan permainan tradisional.

Abaikan sejenak tentang perbandiangan diatas, jika kamu saat ini masih dalam usia remaja, nikmati saja masa remajamu sebaik mungkin dengan mengisinya dengan hal yang bermanfaat yang bisa kamu banggakan kelak. Jangan jadi remaja pemalas yang kerjaanya tiap hari hanya bisa makan, tidur dan buang kotoran saja.

Atau kamu sudah menjadi orangtua yang tengah memiliki anak remaja. Bimbing mereka hingga tak sampai terjerumus kearah yang salah. Kita tahu bahwa materi saja tidak cukup, yang terpenting adalah belaian kasih sayang dari orangtua yang menjadikan mereka anak-anak generasi terbaik.

Dan pada akhirnya terima kasih telah membaca cerita yang gak jelas ini. Aktifitas remajamu saat ini, menunjukan seperti apa kamu dimasa depan nantinya. Kalau menurut kamu bagaimana perbandingan antara kedua remaja diatas? isikan saja padal kolom komentar dibawah. (Admin - F)

Postingan terkait:

62 Tanggapan untuk "Potret Remaja, Kekinian atau Kekunoan"

  1. Sangat Bermanfaat gan, dapat pelajaran dari kesimpulan yang agan buat, tentang mebandingkan kekinian dan kekunoan, terimakasih

    BalasHapus
  2. beda banget dari jaman dulu , jaman gue kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga orang jadul gan. anak dulu mah g kenal aneh2

      Hapus
  3. Iya gan lebih baik kekunoan heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau yang mana saja yang penting remaja sehat gan.

      Hapus
  4. perbandignan nih dari yang kekinian dan kekunoan hehe, mantap gan

    BalasHapus
  5. Banyak juga yah :D tapi keren kok, isi ceritanya menarik juga..

    BalasHapus
  6. Bahasa gaul baru ya kekunoan bro kebalikan kekinian baru tau ane maklum ane kekunoan

    BalasHapus
  7. memang berbeda jauh pergaulannya hehehe, by the way nice artikel gan

    BalasHapus
  8. berarti aku anak kuno :(

    BalasHapus
  9. Nice Kekunoan lebih WEW

    BalasHapus
  10. ilustrasinya bikin ane ngakak..
    zaman skrg remajanya makin aneh2 segala yg lagi tren dimakan habis.

    klw berkenan kunjungi blog ane gan hilmansky.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah brkunjung gan. next coba saya berkunjung :)

      Hapus
  11. Lucu juga gambar kartunnya gan, tapi menurut saya pribadi aja sich ini sepertinya jaman sekarang para remaja udah pada berusaha mengikuti perkembangan jaman gan.. Hanya saja kalau salaj jalan, nah itu yang bahaya bagi remaja masa kini dalam proses mengikuti perkembangan jaman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. remaja era sekarang hampir rata2 sudah mengikuti perkembangan. tapi perkembangan yang mereka ikuti terkadang melenceng

      Hapus
  12. remaja kekiniian lebih rawan gan :D

    BalasHapus
  13. Makasih gan sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  14. widiiih mantep sekali lanjutkan menulis nya sob. Semoga sukses 😉

    BalasHapus
  15. wiih seru nih remaja kekinian emang ku kurang sreg sob.. haahah

    BalasHapus
  16. jujur gan, lebih seneng yg kuno. yang bisa ketawa ketawa bareng tanpa ada duit tanpa ada gengsi :)

    BalasHapus
  17. Waduh berarti gue remaja kuno ? Gk pp lah yang penting nggk nyusahin orang tua

    BalasHapus
  18. Lucu ni gan next artikel slanjutnya

    BalasHapus
  19. Lucu ni gan next artikel slanjutnya

    BalasHapus
  20. kece gan blognya, req tentang kejombloan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentang kejombloan sudah ada kok di posting sebelum ini

      Hapus
  21. perkembangan jaman sekarang ini pesat ya gan, beda sama jaman dulu

    BalasHapus
  22. mau kekinian ataupun kekunoan, intinya jangan sampe salah gaul dan ujung2 nya jadi ga karuan

    BalasHapus
  23. Intinya jangan salah gaul aja ya kan gan. Btw keren bgt gan lucu juga

    BalasHapus
  24. ane pilih kekunoan aja deh gan

    BalasHapus
  25. Mantap,Rame Banget gans >

    BalasHapus
  26. Wuih wuih wuih keren min. Izin bookmark, besok ane lanjut baca artikel lain.

    BalasHapus
  27. mantap gan moga artikel selanjutnya cepat di post

    BalasHapus
  28. Jadi kekinian sekarang sebenarnya Kekunoan yang modern,

    BalasHapus


  29. Keren dah gan, bari liat artikel yg kayak ginian :D






    woahh keren bro, baru liat ada buat yg kayak ginian :D

    BalasHapus
  30. wanjiirrr mantap menghibur wkwkwkw Next post

    BalasHapus
  31. walah jadi makin tau perbedaan antara remaja jaman dulu dan remaja jaman sekarang (eh kek loh gak pernah remaja aja :v) thx gan infonya

    BalasHapus
  32. lebih baik sederhana gan dari pada kekinian, nyusahin orangtua,
    #ASEKKKKKKKKK

    BalasHapus
  33. nice gaan, saya terhibur membacanya ahahah

    BalasHapus
  34. Hahaha lucu ceritanya .. yang penting jangan lupa temannya .. 😁

    BalasHapus
  35. Semenjak gue buka blog ini, gue merasa blog ini unik, menarik, dan ceritanya juga bagus.

    BalasHapus
  36. Kekinian boleh nego jangan :v y kan gan

    BalasHapus
  37. Wahh ceritanya menarik yaa

    BalasHapus
  38. Remaja di Indonesia sudah jauh dari budaya ketimuran kita mereka merasa modern dengan meniru gaya bikini masyarakat barat, padahal jika dibandingkan masyarakat papua sejak jaman dahulu lebih modern jika bertelanjang itu disebut modern

    BalasHapus
  39. remaja kekinian itu sekarang udah makin meraja lela... Tanpa disadari mereka sudah berbuat salah... Lebih baik teknologi sekarang dibatasi dari pada menghancurkan masa depan mereka

    BalasHapus
  40. Bagus Nih Artikel 😂 Menurut Saya Kekunoan

    BalasHapus


  41. is very fond of this article because it gives a lot of inspiration thanks judi poker

    BalasHapus

Pembaca cerdas selalu tahu pesan apa yang harus ditinggalkan.

Kontak

Nama

Email *

Pesan *