Jomblo atau Single, Antara Nasib atau Pilihan

Jomblo dan Single, antara nasib atau pilihan
Jomblo atau Single
Kata jomblo pasti sudah sering kita dengar bahkan mungkin sering kali kita berkata demikian. Ada yang bilang jomblo itu nasib, namun ada pula yang berkata jomblo itu pilihan. Sebelum bercerita lebih jauh tentang jomblo, tidak ada salahnya kalau kita lebih mengenal si jomblo ini biar makin sayang (katanya tak kenal maka tak sayang). 

“Apa itu jomblo?”

“Mengapa dia jomblo? “

Kedua kalimat diatas menjadi bahan pertanyaan yang paling sering dicari atau dipertanyakan oleh banyak orang (seenggaknya menurut penelusuran google). Namun apakah kamu sudah mendapat jawabannya? Pasti tidak menemukan jawaban yang pasti bukan (soalnya aku sendiri terjebak dalam penelusuran lama dan tanpa hasil).

Asal dan arti kata jomblo

Setelah berjam-jam menghabiskan waktu dan kuota internet, (sedih kalau ingat kuota tinggal dikit, mana gajian masih lama, kebutuhan juga masih banyak. Maaf kok malah jadi curhat) akhirnya aku simpulkan sendiri definisi tentang apa sih jomblo itu. 

Malam minggu dia mlongo, soal cewek/cowok dia dongo, tapi dia bukan hom*, dia cuma seorang jomblo. Itu tadi penggalan lirik lagu salah satu rapper indonesia, setidaknya itulah ungkapan tentang jomblo yang pernah aku dengar sejak dulu. Tapi setelah mencari info kesana kemari sampai salah alamat dan tak tau arah jalan pulang, barulah tahu ternyata ada banyak arti untuk menggambarkan arti jomblo. 

Jika ditinjau dari segi bahasa, kata jomblo ini berawal dari kata jomlo yang artinya gadis tua (lebih enak sebenarnya kalo dibilang jompo sih, tapi bodo amatlah), kata ini ada dalam kosakata orang sunda sehingga pada akhirnya kata tersebut digunakan untuk orang yang belum berpasangan.

Entah kenapa kata jomlo bisa berubah menjadi jomblo, mungkin biar kedengeran gaul aja, atau pembicaraan anak gaul dengan orang gangguan pendengaran. Mungkin kronologisnya gini.

A: “Lu kaga pernah kelihatan jalan sama pacar bro, dikemanain emangnya?”

B: “Kagak punya pacar gw broo”

A: “Dasar jomlo lu broo”

B: “Hah?, combro?”

A: “Jomlo bro, bukan combro”

B: “Oh, jomblo. Apaan tuh?,kayaknya keren. Jomblo :D”

A: “Sesuka lu aja lah bro, cape gw -_-”

(Ini hanya cerita fiktif belaka, jika ada kesamaan nama, tempat dan kejadian semua itu murni kebetulan semata)

Jadi mungkin bagi kamu yang mengira arti jomblo adalah sebuah singkatan, selamat anda sudah tersesat (dan aku salah satunya).

“Lalu alasan mengapa jomblo apa?”

Mengapa jomblo

Kalau ini rasanya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah pasti disebut jomblo karena belum memiliki pasangan. Tapi kalo menurutku sih, lebih tepat jika dibilang belum punya pacar, soalnya lebih kedengaran enak gitu aja (alasan gak bermutu macam apa ini).

Dalam kasus ini ada beberapa jenis jomblo dangan kriterianya masing-masing. Tapi nanti dulu deh, bahasnya abis ini aja (ketawa jahat). Lanjut nih, kenapa sebenarnya jomblo itu ada? Mengapa mereka gak gampang punah (sorry pembaca jomblo :p).

Si jomblo ini tidak mungkin bisa dihilangkan, ya jelas dong selama ada manusia baru lahir, ada satu orang menyandang gelar jomblo baru. Belum lagi orang remaja, dewasa, paruh baya, hingga manula juga masih banyak yang jomblo, jadi tenang saja buat para jomblo, kamu tidak sendirian.

“Apa saja sih tipe jomblo itu?”

Seperti kataku tadi, jomblo ini terbagi atas beberapa kriteria dan dibedakan berdasar penyebab serta kelakuannya. Secara spesifik mereka terbagi atas 212 jenis kategori, dengan rincian subkategori berkategori yang berkategori subkategori, (gak usah dipikir dari pada pusing). Namun kali ini aku ceritakan beberapa dasarnya saja biar tidak terlalu panjang ceritanya (ini saja sudah panjang).

Jenis – jenis jomblo

  • Jomblo Happy / Jomblo Bahagia
Meski mereka tidak memiliki pasangan/pacar alias jomblo, namum tidak pernah merasakan kesedihan yang berarti dari kesendiriannya tersebut. Mereka beranggapan tanpa hadirnya seorang kekasih sekalipun masih bisa merasakan kebahagiaan. Sebagai penggantinya mereka lebih sering menghabiskan waktu mereka dengan menjalani hobi atau bersenang-senang dengan teman dan sahabat. Seorang jomblo happy / jomblo bahagia sangat cocok sekali bagi kamu jika mencari seorang sahabat sejati. Selain sebutan tersebut, mereka juga sering menggunakan istilah singkatan “Jojoba” alias jomblo-jomblo bahagia.
  • Jomblo Ngenes / Jones
Mereka yang menyadang gelar jones atau jomblo ngenes bisa dikategorikan sekelompok manusia yang bernasib mengenaskan (sesuai namanya aja sih). Bagaimana tidak, maksut hati memiliki pacar/ pasangan, namun hanya bisa sebatas angan-angan saja. Mereka mengharapkan seorang pasangan yang sempurna, padahal seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada satu pun mahkluk di dunia ini yang sempurna (cie pesan moral). Saking ngenes dan tragis kisah cintanya, beberapa jones ini sampai memiliki pacar khayalan, pacar 2 dimensi, pacar 3 dimensi, pacar dimensi kegelapan, pacar dimensi cosmos (efek kebanyakan nonton ultramen waktu kecil).
  • Jomblo akut
Pada dasarnya seseorang yang memiliki sebutan jomblo akut mereka sudah lama tidak memiliki pacar, bisa berbulan-bulan, hingga bertahun-tahun. Pokoknya sangat lama sekali menjomblo, bahkan dia sudah jomblo sejak lahir (lebih tepatnya sejak dalam kandungan). Keingginan memiliki pasangan ada, target juga relevan (menyesuaikan tampang dan isi kantong). Hanya nasib sial yang mentakdirkan mereka untuk belum memiliki pasangan. 
  • Hight Quality Jomblo / Jomblo keren
Tipe jomblo ini sangat jarang dijumpai, mereka menyandang status jomblo bukan karena tak ada yang mau atau tidak ingin memiliki pasangan. Namun mereka memilih dan menyeleksi kelayakan seseorang untuk dijadikan calon pasangan hidup. Tentu bagi mereka berjalan dijalan jomblo keren ini, minimal bertampan rupawan, apalagi ditunjang harta yang melimpah. Udah ganteng/cantik banyak duit ngeselin banget mereka ya, kenapa hidup ini tak adil (sorry malah jadi curhat lagi, baper deh). 
Struktur Organisasi Jomblo
Struktur Organisasi Jomblo
(ketika membuat gambar diatas, aku lupa jika kategorinya ada empat, udah terlanjur cape bikin, upload sajalah)

“Terus bedanya jomblo sama single apa?”

Perbedaan jomblo dan single

Sebenarnya gak jauh beda antara jomblo sama single, ibarat kata kembar tapi beda, beda tapi kembar, kembar tapi beda, beda tapi kembar (gitu aja terus diulang-ulang sampai tahun depan). Namun ada pembeda kedua status tersebut, yakni ada pada prinsip.

“Prinsip itu itu apa sih? Makanan apa lagi ini, kok jadi pusing min.”

Menurut Raden Ranawolang (nama siapa lagi ini dibawa-bawa), Prinsip adalah asas, kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya (padahal sebenernya menurut blogger dan KBBI online sih, soalnya nyari di KBBI lupa kalau gak punya bukunya). Tetapi jika menurut Wikipedia, Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang atau kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak (pusing-pusing dah).

Ok, dari pada kamu sakit kepala mikirin definisi prinsip kita lanjutin saja ceritanya (jika pusing berlanjut hubungi dokter). Berdasar perbedaan tersebut jelas bahwa cara pandang antara si jomblo dan si single dalam menyikapi persoalan tanpa pasangan berbeda.
Pilihan Hidup Single
Pilihan Hidup Single

Jomblo pikirannya lebih condong ke arah negatif. Tanpa pasangan diartikan sebuah nasib buruk yang seolah malapetakan dan ujian hidup baginya. Sedangkan single lebih kalem terkait kesendirian tanpa pasangan. Mereka menyikapi ini secara bijak dan lebih enjoy aja dalam kondisi ini. Seperti kata orang (entah siapa pencetusnya) jika jomblo itu nasib sedangkan single itu sebuah prinsip. Prinsip untuk memilih sendiri dan menunggu jodoh yang tepat.

“Jadi ini intinya apa?”

Kesimpulan

Pilihan untuk hidup jomblo dan single semua tergantung dari tiap individu. Jika kamu nyaman dengan panggilan jomblo ketimbang single, ya nikmati aja. Toh kamu sendiri yang ngejalani hidup, mereka yang berkomentar juga belum tentu lebih baik dari kondisi kamu. Begitu pula dengan pilihan hidup single. Jadi tidak perlu merisaukan perbedaan yang gak penting antara jomblo dan single.

Setidaknya janganlah menjadi jomblo ngenes atau jomblo akut (menyedihkan bro), jadilah sosok high quality jomblo / jomblo keren. Sedangkan untuk kamu yang single, jadilah single parent. Eh maaf, yang bener maksutku single yang berkelas.

Lebih baik kita berbenah memperbaiki kualitas diri hingga layak memiliki pasangan hidup yang terbaik kelak. Bagi yang sudah berpasangan, stop penganiayaan pada jomblo, ingat jomblo juga manusia, punya rasa, punya hati. Jangan samakan dengan pisau belati (lho kok malah nyanyi lagunya seurius). 

Kalau kamu memilih untuk jadi jomblo atau single? Komentar aja dibawah, kali aja nemu pasangan. Dan pada akhirnya terima kasih telah membaca cerita yang tidak bermanfaat ini. (Admin – F)

Postingan terkait:

72 Tanggapan untuk "Jomblo atau Single, Antara Nasib atau Pilihan"

  1. mmm .... seperti yang comment ini juga mau mencurah kan isi hati nya

    aku juga yahh di panggil single / jomblo boleh .. :3

    blm punya pacar / target pasangan :3 . tapi sepertinya insyaallah sbntar lg dapet :D

    yang berusaha untuk mengembangkan diri nya . yang penting jadi orang jangan negatif2 amat :3 . kalau jadi single/jomblo trik2 nya yah itu banyak2 in main dan gabung2 ke komunitas :D siapa tau jodoh lewat ;D .

    BalasHapus
    Balasan
    1. war biasah ente gan. salut sama perjuangan ente

      Hapus
  2. Gak selamanya punya pacar itu lebih bahagia dari yang jomblo, kebahagiaan itu berasal dari mensyukuri segala yg kita punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa jadi mario ngeluh ente gan. super sekali

      Hapus
  3. jomblo bebas tanggung jawab, tapi hidup tanpa tanggung jawab rasanyahampa :(

    BalasHapus
  4. wah ceritanya menarik gan update lagi ya

    BalasHapus
  5. Berhentilah mikir jadi jomblo itu sedih dan punya pacar berarti bahagia. Banyak cara menikmati hidup. Banyak cara agar merasa bahagia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget nih agan. banyak jalan menuju kebahagiaan

      Hapus
  6. Gaya lo kayak mario teguh gan top dah buat ente

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu keren kalau dibilang mario teguh. aq cuma manusia biasa yang kurang kerjaan gan

      Hapus
  7. wkwkwk jones hidp jones ahhaah

    BalasHapus
  8. single sampai bisa ngehalalin anak orang gan ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab nih agan. ane juga mau gitu aja. lebih aman dari fitnah

      Hapus
  9. Waduh, ternyata Jomblo ada banyak macemnya ya wkwkwk, lucu juga, untungnya aku nggak jomblo mas :D, pinter nulis ya si admin ini, keren ceritanya :), ditunggu cerita selanjutnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih udah membaca. next pasti ceritanya lebih menarik. ditunggu saja kalau g malas update gan :D

      Hapus
  10. maaf ane tidak jomblo lagii... hihihi

    BalasHapus
  11. kebahagiaan tidak diukur dari jomlo dan single. Jomlo dan single haruslah diusahakan merubah statusnya, ya menikah.

    BalasHapus
  12. Mantap jomblo bukan pilihan apa lagi nasib jomblo adalah tidak berpasangan

    BalasHapus
  13. iya pak semua itu pilihan, contohnya aja saya ganteng tapi masih single.

    BalasHapus
  14. saya jones dari dulu karna gak niat pacaran haha, tapi sekarang deket cewe malah gugup

    BalasHapus
  15. Hhehe,, bermanfaat tapi juga menghibur. Komplit dah.

    BalasHapus
  16. Hmm saya sangat setuju dengan poin Hight Quality Jomblo / Jomblo keren, karena saya pernah menjalani itu..

    BalasHapus
  17. Menghibur... nasib ane sama kayak di cerita single :v

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah saya punya istri

    BalasHapus
  19. cerita yang menarik dan menghibur gan, baru tau jomblo itu banyak sekali jenis-jenisnya. :D
    alhamdulillah untung ane gak jones :)

    BalasHapus
  20. Njir, jomblo sama single ternyata beda yah...

    BalasHapus
  21. Punya pacar jg belum tentu lebih bahagia dari Jomblo

    BalasHapus
  22. kalau saya nih punya pacar tapi rasanya masih tetep jomblo. gak pernah di perhatiin

    BalasHapus
  23. Haha...kayak nya ane jones deh ,dilihat dari karakteria 😃😃
    Jones happy hahah

    BalasHapus
  24. Jomblo atau single sama-sama gak punya pacar..

    BalasHapus
  25. Yang bikin ngakak dari artikel ini adalah Jomblo ada struktur organisasinya, hahaha.

    BalasHapus
  26. ane fokus ke gambarnya kok buat gondok yah hahaha

    BalasHapus
  27. ane jomblo happy juga nih. banzaiii :D

    BalasHapus
  28. wkwkwk nyinggung bangett nih haha

    BalasHapus
  29. pilih single trus taarufan trus nikah trus kawin :'v

    BalasHapus
  30. wah ceritanya sangat menarik gan :D

    BalasHapus
  31. Kalau saya sih, jomblo karena nasib. Hehehe...

    BalasHapus
  32. biasa aja sih sama jombl, di dunia nyata ketemu jomblo biasa aja, kan cuma seleb sosmed yang memviralkan dan menggambbarkan seolah itu buruk dan harus punya pasangan,

    padahal dianjurkan untuk menikah bagi yg mampu, dan berpuasa bagi yang tak mampu, hendaknya menjaga diri dari kemaksiatan

    BalasHapus
  33. jomblo itu nasib single itu pilihan, tapi beda tipis kadang orang bilang single itu pilihan, tp nyatanya juga jomblo wkwkwk

    BalasHapus
  34. Semoga saya termasuk struktur jomblo keren ya :v
    btw, animasinya keren gan :D

    BalasHapus
  35. Untungnya ane udah ada pasangan. Hehe

    BalasHapus
  36. Kisah yang menarik gan. btw gambar jomblo ngenes, jomblo keren, jomblo happy bagus gan hahaha

    BalasHapus
  37. jomblo dan single beda, kalo jomblo berarti gak laku kalo single laku cuma lagi gak mau pacaran , kayak ane :')

    BalasHapus
  38. Wah unik nih bahasannya..
    Ditunggu "teori jomblo" lainnya

    BalasHapus
  39. wih menarik :D ditunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus
  40. Wah ceritanya unik dan menarik banget nih hahaha.

    BalasHapus
  41. Jomblo .heeee mungkin ngempempet perasaan

    BalasHapus
  42. menyedihkan memang jika disebut Jomblo.. Status Single lebih berkesan Keren :v

    BalasHapus
  43. menarik nih :). Aku sih Single

    BalasHapus
  44. Menarik nih:) Buat Single..

    BalasHapus
  45. gua single wkakakakka menarik banget artikel nya

    BalasHapus
  46. Berarti ane masuk ke kategori jomblo keren ya gan, udah ganteng, cool single lagi wkwkwkwk :v

    BalasHapus
  47. Gw singgle aja gan kalo jomblo kok gimana gitu panggilannya

    BalasHapus
  48. Kalau orang tajir ganteng single . Orang jelek kere jomblo
    Wkwkwkwkwkkwk .

    BalasHapus
  49. wah ane termasuk jomblo heppy wkwkkwk menarik baget artikelnya gan

    BalasHapus
  50. mending temen rasa pacar gan hehehe

    BalasHapus
  51. jangan terus jadi jomlo pokoknya ya hehe usahakan nikah banyak sekali kelebihannya

    BalasHapus

Pembaca cerdas selalu tahu pesan apa yang harus ditinggalkan.

Kontak

Nama

Email *

Pesan *